Thursday, May 10, 2012

Kisah Abu Muslim Al-Khaulani

.... Di tanah Yeman ada seorang  bekas dukun dan tabib di zaman jahiliyyah. Namanya Aswad Al-‘Ansiy.... Ketika Berita tentang  Rasulullah SAW jatuh sakit setelah pulang dari haji wada’ tersebar ke seluruh pelosok Jazirah Arab,... beliau telah mengambil  kesempatan untuk keluar dari agama Islam (murtad) dan mengaku sebagai  Nabi. ..

Aswad Al-‘Ansiy terkenal sebagai yang pandai  berbicara, pidato,  penuh diplomasi, selain otaknya  yang cukup cerdas dan pandai menarik perhatian... Dihadapan umum, dia selalu melindungi wajahnya dibalik selembar kain hitam.... Itu sengaja dilakukan untuk menyamar dan mengaburi mata awam untuk menimbulkan wibawa dihadapan masyarakat.

Dengan cepat seruan dakwah Aswad Al-‘Ansiy yang  mengaku nabi itu  telah terdengar dan kemudian mendapat sokongan dan pengikut  di sekitar  Yeman. ...Dakwah Aswad Al-‘Ansiy telah diikuti oleh majority penduduk Yeman yang memang berasal dari Kabilahnya sendiri, yaitu Kabilah Bani Madzhaj. ..Saat itu, Kabilah Bani Madzhaj adalah kelompok yang paling berkuasa di Yeman....

Aswad Al-‘Ansiy mengeluarkan fatwa bahwa malaikat dari langit telah turun kepadanya  dan memberi  wahyu dan memberitakan hal-hal ghaib kepada dirinya.... Perkataan itu  diperkuat dengan segala cara untuk meyakinkan manusia..... dia juga mengarahkan dan menempatkan anak2 buahnya disetiap  daerah. ...Tugas mereka adalah sebagai pengintip tentang keadaan dan kondisi masyarakat  di Yeman,... mereka  juga menciptakan kekacauan dan kesulitan di kalangan masyarakat dan  kemudian menganjurkan mereka mengadukan permasalahan mereka kepada Aswad Al-‘Ansiy....

Masyarakat pun mula datang  ke hadapan Aswad Al-‘Ansiy, masing-masing mengadukan masalah mereka, dan dengan penampilan yang meyakinkan ...Aswad seolah-olah  mengetahui segala permasalahan mereka... dan berjaya menyelesaikan semua masalah2 tersebut....berita tentang kenabian Aswad  ini telah merebak dengan cepat dan luas, hingga Hadramaut dan Tha’if, bahkan sampai  ke wilayah Bahrain dan ‘Adn.

Berita itu telah sampai ke pengetahuan seorang pemuda yang bernama Abu Muslim al-Khaulani. Seorang pemuda yang tetap yakin dengan rukun iman dan tetap berpegang teguh terhadap prinsip Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW.... Bahkan dengan terang-terangan ia berani mencela dan membantah kelakuan Aswad Al-‘Ansiy. ...

Mendegar hal ini ...Aswad Al-‘Ansiy segera mengumpulkan pengikut2nya dan mengatur satu upacara untuk memaksa Abu Muslim melalui siksaan supaya murtad atau dijatuhkan hukuman bunuh. Caranya adalah dengan mengadakan majlis peribadatan dan mengundang segenap masyarakat untuk datang melihat... Ditengah2  upacara majlis sudah tersedia satu unggun  kayu yang telah dibakar. Ia mengumumkan kepada khalayak tentang  Abu Muslim Al-Khaulani, untuk mengakui kenabiannya.... Mendengar hal tersebut, Abu Muslim sama sekali tidak gentar, bahkan ia berani mempertaruhkan nyawa jika memang dikehendaki Allah. ... dia juga merasa berkewajiban untuk menentang sekaligus menjatuhkan kewibawaan Nabi palsu itu dihadapan masyarakat.

Aswad Al-‘Ansiy duduk diatas singgasananya dihadapan kobaran api. Dan Abu Muslim dengan penuh tawakkal kepada Allah maju ke tengah lapangan. Mulailah dialog antara musuh Allah dengan hamba-Nya yang shalih....
Aswad Al-‘Ansiy bertanya:  “Apakah anda bersaksi bahwa Muhammad Rasulullah?,”
“Ya, saya bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan Rasul Allah, dia penghulu para Rasul dan Nabi terakhir…” dengan tegas Abu Muslim menjawab pertanyaan tersebut.
Aswad Al-‘Ansiy pun bertanya lagi : “ Apakah anda mengakui bahwa saya adalah utusan Allah?”.
Dengan tenang dan tanpa  rasa takut Abu Muslim berkata: telingaku kurang jelas menangkap kata-katamu…” Tapi setelah berulang kali Aswad mengulangi pertanyaannya, Abu Muslim tetap menjawab dengan kata-kata yang sama. Mendengar ejekan itu dan melihat ketenangan dan keteguhan Abu Muslim... akhirnya Aswad Al-‘Ansiy memerintahkan supaya Abu Muslim untuk dibakar di tengah2  api yang telah menyala-nyala...Maka terjadilah apa yang dikehendaki Allah,dimana api tidak dapat membakar jasad Abu Muslim Al-Khaulani....rakyat yang melihat kejadian itu menjadi buntu  termasuklah Aswad Al-‘Ansiy sendiri , demi untuk menjaga air mukanya ....lalu dia perintahkan Abu Muslim supaya keluar dari Negeri itu...sebelum siksaan2 lain yang lebih kejam dikenakan keatas dirinya....

Setelah peristiwa itu Abu Muslim serta-merta memutuskan untuk berhijrah ke kota Madinah untuk bertemu dengan Rasulullah dan meninggalkan kaumnya yang telah sesat akibat termakan ajaran Aswad Al-‘Ansiy....peristiwa tersebut juga telah membangkitkan keimanan penduduk Yeman dan mereka  akhirnya sedar akan keterlanjuran yang telah mereka lakukan....tidak lama selepas penghijrahan Abu Muslim ke Madinah....mereka kemudian telah merancang dan  membunuh Aswad Al-‘Ansiy  yang mengaku Nabi itu serta pengikut2nya yg setia...dan mereka kembali memeluk agama Islam seperti yang diajarkan oleh Rasulullah..

Ketika Abu Muslim sampai  di Madinah, tiba-tiba ia mendengar berita  sedih, bahawasanya  Rasulullah SAW  telah wafat.... Dan kepemimpinan kaum muslimin saat itu telah beralih kepada Abu Bakar As-Siddiq R.A.....Abu Muslim terus berlalu menuju masjid Rasulullah SAW, (masjid Nabawi).... Setelah sampai di depan pintu masjid ia mengucapkan shalawat dan salam kepada Rasulullah. Dan kemudian  melakukan shalat dengan penuh khusyu’.

“Dari manakah anda wahai pemuda ?”  Saidina Umar R.A  yang saat itu juga berada di dalam masjid menyapa Abu Muslim, setelah selesai shalat. Abu Muslim menjawab: “Aku berasal dari Yeman.”
Agak terperanjat  Saidina Umar mendengar jawaban Abu Muslim, lalu ia bertanya: …Tolong ceritakan kepadaku bagaimana keadaan hamba Allah yang telah dibakar oleh musuh-Nya, kemudian ia diselamatkan dari jilatan api…?”
Abu Muslim pun menjelaskan: “Alhamdulillah, saat ini dia berada dalam kebaikan dan dalam perlindungan Allah.”

Sejak awal pertemuannya dengan pemuda Yeman ini, sebenarnya Sadina Umar R.A  telah menyimpan syak... setelah melihat sikap dan gerak-gerik Abu Muslim. Saidina Umar R.A  memandang wajah dan perawakan pemuda itu, dan akhirnya ia berkata: “Demi Allah, bukankah anda ini orangnya…?”. Abu Muslim pun menjawab: Ya benar.”

Saidina Umar R.A lantas mencium antara dua kening Abu Muslim dan berkata : Alhamdulillah Allah telah memperkenankan diriku untuk bertemu dengan salah seorang umat Muhammad yang telah diberi karunia sebagaimana karunia yang pernah diberikan kepada khalil-Nya Ibrahim A.S …


No comments: