Monday, April 22, 2013

Kisah Nabi yang menahan Matahari dari terbenam

Dari Abu Hurairah R.A, Rasulullah SAW pernah bersabda,

"Sesungguhnya matahari itu tidak pernah tertahan untuk terbenam hanya kerana seorang manusia yang bernama Yusya' yaitu pada malam-malam dia berjalan ke Baitul Maqdis untuk berjihad."

Kisahnya, Setelah Nabi Musa A.S wafat, Nabi Yusya' bin Nun memimpin dan membawa Bani Israil untuk keluar dari padang pasir, Mereka berjalan hingga menyeberangi sungai Yordania dan akhirnya sampai di kota Jerico.  Sebuah kota yang mempunyai benteng dan pintu gerbang yang sangat kuat.  Bangunan-bangunan di dalamnya tinggi-tinggi serta berpenduduk padat.
Nabi Yusya' bersama kaumnya, Bani Israil, mengepung kota tersebut hingga 6 bulan lamanya.

Hari itu adalah hari Jumaat, Nabi Yusya' melancarkan serangan dengan menyerbu masuk ke kota Jerico, mereka berperang sehingga matahari sudah hampir terbenam, bermakna hari Jumaat akan segera berlalu dan hari Sabtu akan segera tiba, menurut syariat Nabi Musa A.S, pada hari sabtu dilarang untuk melakukan peperangan.

Nabi Yusya' kemudian berdoa,

"Wahai Matahari, sesungguhnya engkau hanya mengikuti perintah Allah SWT, demikian juga aku. Aku bersujud mengikuti perintahNya. Ya Allah, tahanlah matahari itu untuk ku agar tidak terbenam terlebih dahulu."
Dengan izin Allah SWT, matahari itu tidak terbenam, sebelum kota itu ditakluk oleh Nabi Yusya'. 

Nabi Yusya' memerintah Bani Israil  dengan kitab Taurat sampai akhir hayatnya.
Beliau kembali ke hadrat Allah SWT ketika berumur 127 tahun, 27 tahun setelah wafatnya Nabi Musa A.S.


No comments: